Intel Xeon E7 : Prosessor terbaru Intel dengan 10 Core

Intel mengumumkan generasi terbaru dari keluarga prosessor Xeon E-series, dalam press conference-nya Intel mengklaim bahwa prosessor baru ini akan menghadirkan kecepatan yang tiada tara baik dari segi performa maupun efisiensi tenaga.

Selang setahun sejak prossesor Intel Beckton (Nehalem 8 core) dirilis, dimana prossesor tersebut lebih difokuskan pada performa tapi kurang dalam hal efisiensi.
Intel menjanjikan prosesor baru mereka Xeon E7 akan lebih memberikan kinerja dan efiesiensi yang seimbang.
Chip prosesor terbaru ini akan memiliki 10 buah core (20 thread) dengan fitur HyperThreading dan ditawarkan dalam TDP (Thermal Design Power) yang lebih banyak.

spesifikasi intel Xeon E7

Evolusi Beckton: Hadir dengan 10 core dan dua kali lipat RAM

Presentasi dari Intel memaparkan dengan gamblang bahwa tidak ada tugas di dunia komputer yang tidak bisa diatasi oleh Xeon.
Sejarah pun mendukung klaim mereka, data nilai penjualan prossesor menunjukkan meskipun pasar server high end hanya tumbuh sebesar 5 persen dari tahun 200-2010 namun sumbangsih Intel dipasar ini telah tumbuh dua kali lipat.

Xeon E7 mewarisi kelebihan yang ada di chip Sandy Bridge, dukungan instruksi baru, dan juga peningkatan teknologi power management. Intel juga menggunakan voltase yang lebih rendah pada slot DIMM yang memungkinkan vendor memakai produk dengan voltase 1,35V.
Peningkatan efisiensi sebesar 1W per-DIMM mungkin tidak terkesan banyak, tapi Xeon E7 mendukung kapasitas RAM sampai 2 TB (Terabyte) di system 4S.
Masih menurut Intel penggunaan DDR3 low voltage dapat memangkas konsumsi daya sampai dengan 128 W.

Respon OEM untuk prosessor Xeon E7 sangat baik, tercatat sebanyak 19 vendor sudah mengumumkan penggunaan Xeon E7 dijajaran produk mereka (total sebanyak 35 system).
Hal ini karena Xeon E7 membantu deferensial produk dari Intel. Sampai saat ini, Intel Beckton merupakan chip 45nm yang tidak memiliki kelebihan dari teknologi 32nm Xeon 5600.

Posted on 7 September 2011, in Hardware, News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: